Cara Swap Memory Android Tanpa Root

Mengetahui cara swap memory Android sangat berguna jika anda membutuhkan kapasitas memori penyimpanan yang jauh lebih besar untuk smartphone berbasis Android anda. Nah, pada hari ini, kami punya dua cara melakukannya, yaitu cara swap memory Android tanpa root dan dengan root.

Persiapan untuk Swap Memory Android Tanpa Root

Dalam cara swap memory Android tanpa melakukan root ini, kartu memori alias MicroSD anda akan terbagi dalam dua bagian, yaitu partisi Linux Swap dan FAT32. Mengenai cara swap memory internal Android ini, kami menyarankan anda menggunakan kartu memori minimal dengan class 6. Gunakan PC atau laptop dengan sistem pengoperasian Windows dan unduhlah aplikasi MiniTool Partition Wizard Home Edition serta install aplikasi itu dalam laptop atau PC anda.

Langkah dan cara swap memory Android adalah sebagai berikut. Pertama yang harus anda lakukan, matikan dahulu smartphone Android anda dan lepaskan kartu memori. Masukkan kartu ke dalam card reader dan sambungkan kabelnya ke komputer. Backup dulu seluruh data karena proses ini akan menghapus semua data dalam kartu memori anda. Lalu, buka aplikasi MiniTool Partition Wizard tersebut. Klik drive yang merujuk pada kartu memori anda. Klik tombol Delete. Lalu, klik lagi drive kartu memori anda, yang sekarang ditandai dengan *: alias kosong atau unallocated. Klik Create.
Langkah berikutnya dalam cara swap memory Android adalah mengatur partisi kartu memori untuk FAT32 yang nantinya dapat anda gunakan untuk media penyimpanan smartphone. Pengaturannya adalah sebagai berikut. Kosongkan atau isi Partition Label sesuai keinginan anda, Create As: Primary, File System: FAT32, Drive Letter akan muncul otomatis atau bisa disesuaikan, Cluster Size: Default, dan Size And Location menunjukkan 512.00 MB pada bagian Unallocated Space After dan 0.00 MB pada Unallocated Space Before. Tekan OK.
Tekan pada partisi baru yang kapasitasnya sekitar 512 MB. Lalu, tekan Create serupa pada langkah sebelumnya. Jika ada peringatan muncul, tekan saya tombol bertuliskan OK atau Yes. Nah, pada partisi kedua ini, tahapan pengaturan yang dilakukan adalah sebagai berikut: Create As: Primary, File System: Linux Swap, dan biarkan pengaturan lainnya apa adanya. Tekan tombol OK. Nah, setelah itu, akan muncul nama Linux Swap di partisi kartu memori anda. Untuk mengaktifkannya, cukup pilih Set Active pada partisi tersebut. Langkah terakhir adalah dengan menekan tombol Apply untuk menyimpan seluruh proses. Tunggu hingga seluruh proses telah berhasil 100%, dan kartu memori anda pun siap digunakan sebagai Android Swap yang dapat meningkatkan kinerja smartphone Android milik anda. Bagaimana menurut anda? Cara dan tahapan swap memory Android ini mudah, kan?
Previous
Next Post »
0 Komentar