Bisnis Internet Wifi RT RW Net Cocok Buat Karyawan PT/Pabrik

Sekedar berbagi informasi dan pengalaman saja, karena saya juga termasuk karyawan pabrik yang mempunyai aktifitas bekerja rutin selama hari kerja dan kadang juga meluangkan waktu libur saya untuk berangkat bekerja lembur di hari libur saya.

Namun kadang kita sebagai karyawan pabrik ataupun pekerja lainnya merasa kesulitan dalam mengatur keuangan kita, sehingga sering merasa kekurangan uang untuk menutupi kebutuhan kita. Sehingga banyak dari kita karyawan pabrik yang mencari sambilan atau pun membuat usaha sambilan untuk mendabah pendapatan kita di luar gaji yang kita terima dari gaji bekerja di perusahaan atau pabrik.

CrazDroid - Kali ini saya akan sedikit membahas Bisnis Internet Wifi RT RW Net yang cocok buat para karyawan pabrik atau pun para pekerja yang lainnya tanpa mengganggu aktifitas pekerjaan kita.

Mari kita mulai belajar berwirausaha namun kita masih mempunyai pekerjaan yang tetap dan tanpa mengganggu pekerjaan kita karena Bisnis Internet Wifi RT RW Net sangat simpel dan sederhana.

Hal yang di butuhkan dalam membangun Bisnis Internet Wifi RT RT Net sangat murah dan terjangkau, sangat cocok pula buat para pekerja atau karyawan pabrik.

Sebagai permulaan mari kita jabarkan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan untuk membangun bisnis internet wifi rt rw net dengan modal yang kecil.


1. Akses Internet Unlimited, Bisnis yang saya kembangkan menggunakan akses internet dari telkom indihome dengan paket viber optic dengan kecepatan 10 Mbps, dengan pemasangan gratis dan hanya dikenakan biaya paket telkom indiehome sebesar 450 perbulan.

2. Wifi Router, Saya menggunakan wifi router TP-Link WA510G untuk wifi router outdoor, yang saya beli dengan harga 450 ribu rupiah.

3. Antena Omni (Antena penguat sinyal wifi), saya menggunakan antena omni slotted buatan lokal, dengah harga 300 ribu.

4. Mikrotik RB750, sebagai billing hotspot dan memblokir situs porno. Saya dapatkan dengan harga murah karena saya beli bekas di forum facebook jual beli di karawang seharga 300 ribu.

5.  Kabel Lan dan RJ 45 (Kabel Jaringan), sebagai penghubung antara modem dari modem telkom indiehome sepanjang 1 meter dan ke wifi router outdoor TP-Link WA 510G sepanjang 20 meter. dengan harga 100 ribu.

6. Tiang, sebagai penompang router outdoor TP-Link WA 510G, Bisa menggunakan tiang besi atau pun bambu, saya menggunakan tiang besi dengan alasan ketahanan dan kekuatannya, dengan harga 100 ribu. dan apabila rekan-rekan ingin lebih murah bisa menggunakan bambu, ataupun hanya menempelkan router outdoor di tiang disekita rumah anda untuk menghemat biaya.

7. Kawat silang, sebagai pengikat tiang agar tidak goyang dan untuk pengikat router outdoor agar tidak goyang saat di pasang. Harga 5 ribu.

Total biaya yang dikeluarkan hanya kurang lebihnya sekitaran Rp. 1 705 000 ( satu juta tujuh ratus lima ribu rupiah) dan sudah ada komputer sebagai server, setting mikrotik dan setting printer untuk cetak vocer. Kalau belum ada komputer dan printer ada biaya buat pembelian komputer dan printer dengan kisaran harga 2 juta.

Setelah semua bahan yang dibutuhkan telah didapatkan, timbul pertanyaan bagaimana cara instalasinya ?

Mari kita sekarang mulai instalasi bisnis internet wifi tr tw net kita,

Kita mulai setting hal terpenting,

Setting Mikrotik RB750 sebagai billing hotspot, userman dan access point.
Mikrotik sendiri sudah mempunyai aplikasi billing via web.jadi siapapun yang mencoba untuk mengakses internet lewat jaringan hotspot yang sobat miliki akan di forward ke halaman login billing yang bernama "User Manager" atau sering di sebut userman.
Untuk instalasi dan setting Userman bisa langsung lihat tutorial di Google ataupun mengikuti cara singkat yang saya berikan di bawah ini :
download-winbox
Download Winbox
Courtesy http://mikrotik.co.id
  • Sebelum memulai ada baiknya sodara mereset settingan default yang ada pada mikrotik rb tersebut dengan cara menekan tombol di bagian belakang, dekat dengan port power supply, lebih jelasnya silahkan buka link ini Reset RB anda.
Lokasi-Tombol-Reset-Mikrotik-Rb-750
Lokasi Tombol Reset Mikrotik Rb-750
Courtesy http://wiki.mikrotik.com
  • Berikutnya melihat apakah sudah terdapat aplikasi userman di mikrotik RB sodara, hubungkan Port 1 pada mikrotik ke laptop/pc sobat dengan kabel lan dan buka aplikasi winbox, tekan tombol yang ditandai dan pilih mac address, karena biasanya setelah di reset IP Address akan hilang lalu masukan username admin dan password tidak perlu di isi.
login-mikrotik-via-winbox
Mikrotik RB750GL yang sudah di upgrade ke versi 6.31
Courtesy Hijaunet Hotspot (milik sendiri)
  • Untuk selanjutnya setting seperti biasa IP Address dan NAT nya, untuk sementara silahkan cari cari sendiri panduan setting nya, artikel nya belum saya buat.
  • Klik System - Packages dan Cek apakah sudah ada package Userman di RB sobat, berikut saya pakai tampilan dari RB-1100 kantor yang belum ada paket userman nya, bisa di lihat di sana tidak ada userman, bisa dilihat juga versi mikrotik yang dipasang di RB1100 adalah versi 5.8.
daftar-package-pada-mikrotik
Daftar package pada mikrotik
Courtesyof PT. Handsome Mikrotik RB1100
  • Untuk selanjutnya kita download Userman nya sodara, gratis langsung dari situs mikrotik di http://www.routeros.co.id/ lalu silahkan cari versi yang sesuai dengan yang sodara punyai.
Daftar-package-pada-mikrotik
Daftar package pada mikrotik
Courtesyof PT. Handsome Mikrotik RB1100
lokasi-tambahan-package-tambahan-userman
Lokasi download package tambahan Userman
Courtesy of http://routeros.co.id
  • Rata-rata RB-750 menggunakan router os versi 5.24, jadi kita cari dan klik versi 5.24 dan pilih mipsbe.
lokasi-download-package-tambahan-userman
Lokasi download package tambahan Userman
Courtesy of http://routeros.co.id
  • Setelah selesai download file Zip nya, langsung Extract dan simpan di tempat yang aman. Lalu klik menu files dan drag file userman.npk ke jendela file tadi, kemudian restart mikrotik sobat, nanti userman akan terinstall dengan sendirinya.
instalasi-userman
Cukup copy paste atau drag untuk instalasi userman lalu reboot/restart
Courtesyof PT. Handsome Mikrotik RB1100
  • Setelah selesai restart, coba buka browser favorit sobat, ketikan http://ip mikrotik/userman misal ip mikrotik 192.168.2.254 jadi penulisannya http://192.168.2.254/userman.
akses-userman-via-webbrowser
Akses userman via web browser
  • Jika sudah ada tampilan User manager maka sobat telah sukses menginstall user manager sebagai billing ke dalam mikrotik sobat.
Instalasi Hardware
Untuk instalasi perkabelannya sendiri cukup mudah :
Port 1 saya gunakan untuk kabel lan dari modem telkom Indiehome.
Port 2 saya gunakan untuk ke wifi.
Port 3 saya gunakan untuk akses dari PC sodara yang digunakan untuk membuat voucher dan mengakses winbox dan lain-lain, kalau kasus saya langsung ke hub warnet saya.
IP yang saya gunakan untuk settingan di mikrotik :
IP Modem : 192.168.1.250
IP Wifi : 10.5.10.1
IP LAN : 192.168.2..254
Sekian dulu artikel setting mikrotik sebagai billing hotspot dan juga sebagai pembagi bandwidth, berhubung terlalu panjang dan banyak kerjaan di kantor sob.
Artikel berikutnya bagaimana menggunakan Radius dan Userman Sebagai billing dan juga bagaimana mengatur Jam pada mikrotik agar selalu up to date sehingga fungsi sebagai billing 24 x 7 hari seminggu tetap lancaar jaya.


#TMMINspirasi
#Insirasi Indonesia
#IMAJINESIA



Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

keren, artikelnya sangat membantu saya gan, mohon info lebih lanjutnya ya gan

Balas