Pengertian Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network)

JARINGAN KOMPUTER LOKAL

LOCAL AREA NETWORK (LAN)

CrazDroid - Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel/transmisi lain sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.
Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

SISTEM OPERASI JARINGAN LAN
Sistem perangkat lunak digunakan untuk mengelola dan mengendalikan kinerja jaringan termasuk sistem operasi server, sistem pemantau kinerja jaringan, sistem pemantau bandwith serta sistem proteksi jaringan.
Beberapa contoh sistem operasi untuk jaringan antara lain :
Novell Netware ( www.novell.com )
Microsoft Windows ( www.microsoft.com )
Unix
Linux ( www.linux.com
Sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Microsoft Windows tetapi pada masa sekarang juga banyak yang menggunakan Unix dan Linux





TIPE JARINGAN

      1. Peer-to-peer

Pada jaringan peer-to-peer setiap komputer akan dihubungkan langsung dengan komputer lain dalam jaringan, dimana tidak ada server yang berperan sebagai pengontrol. Setiap komputer dalam jaringan bisa berkomunikasi dengan komputer lain dengan posisi yang sama, meskipun demikian setiap orang di jaringan tetap membatasi  hak akses dari orang lain dengan menggunakan password untuk melindungi file dan folder.
Jaringan peer-to-peer disarankan maksimum untuk 10 komputer.
Kelebihannya adalah mudah disetup dan dikelola serta biaya juga rendah.
Kekurangannya adalah perluasan terbatas dan Anda tidak dapat berkomunikasi atau mengakses data dari komputer lain jika komputer tersebut tidak menyala.

   2. Client/server
Pada jaringan client/server sebuah komputer server (induk) akan mengontrol akses kejaringan dan bekerja sebagai tempat penyimpanan pusat untuk file dan informasi dengan sekuriti yang terpusat
Jaringan client/server bisa diterapkan jaringan lebih dari 20 komputer.

Kelebihannya adalah server bisa berperan sebagai pusat penyimpanan data yang dapat dijangakau semua orang di jaringan, sekuriti bisa dikontrol secara terpusat dan aplikasi disa dijalankan dari server.
Kekurangannya adalah menuntut biaya tinggi, pengelolaan lebih rumit, dan jika server mati maka semua komputer client tidak dapat mengakses data dan menjalankan aplikasi di server.



Previous
Next Post »
0 Komentar