Pengenalan Jaringan Wifi dalam Perkembangan Komunikasi Data

     CrazDroid - Teknologi telekomunikasi yang memungkinkan komunikasi jarak jauh berkembang pesat sejak perang 1812. Samuel Morse membuat telegraf elektronik pada tahun 1844, orang dapat mengirim pesan instan secara langsung. Pada tahun 1876, Alexander Bell menemukan telepon dan memungkinkan orang untuk berbicara secara langsung dari jarak jauh. Sistem komunikasi komputer kita saat ini memungkinkan kita untuk mengirim data bahkan software dari jarak jauh. Pada bahasan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang jaringan dan komunikasi digital.
               
  Setiap komputer yang terhubung dalam LAN disebut node dan perlu dihubungkanke hub menggunakan kabel yang disebut twisted pair atau dengan sistem wireless

WAN (Wide Area Network) pada dasarnya mirip dengan LAN, hanya saja mencakup jarak yang lebih luas. WAN terbesar yang diketahui adalah internet. Koneksi WAN menggunakan telepon kabel, microwave relay tower, dan satelit.





     INTRANET

            Intranet adalah sebuah jaringan privat(private network) yang menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP), untuk membagi informasi perusahaan atau lembaga kepada karyawannya. Sebuahintranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringaninternet“, atau sebagai sebuah versi dariinternet yang dimiliki oleh sebuah organisasi. Intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet, yakni protokol internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), clien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang biasa digunakan.


EKSTRANET
Sedangkan Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan danlain-lain. Ekstranet dapat juga diartikan sebagaiintranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan.
      •Perusahaan yang membangun ekstranet dapat bertukar data ber-volume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasidengan lembagalain. Jadi, ekstranet merupakan perluasan dari jaringanintranet yang biasanya menghubungkan jaringan satu jaringan lokal dengan jaringan lokal lainnya. Ekstranet memiliki security yang lebih aman dibandingkan dengan internet.



•internet sangat diperlukan bagi komunikasi manusia. Untuk menunjangnya, dikembangkanlahbentuk-bentukkomunikasionline sepertie-mail, teleconference, instant messaging, dan lain-lain. Kehadiran bentuk komunikasi online ini sangat membantu dan mempermudah proses komunikasi.
•E-mail akan memudahkan kita dalam berkomunikasidan saling kirimdata. Instant messaging atau chatting lebih efektif bagi Anda yang ingin melakukan pembicaraan efektif secara terus-menerus. Sedangkan teleconference cocok bagi Anda yang membutuhkanuntuk bertemu secara langsung namun tidak dapat terlaksana karena terhalang kendala.
      •komunikasi networking berguna untuk saling tukar-menukar informasi dan data penelitian antar satu saintis dan saintis lain. Seseorang yang hendak melakukan suatu penelitian–tentang sekret bakteri contohnya, tidak perlu meneliti semua data yang diperlukannya untuk mendapatkan kesimpulan eksperimennya. Saintis lain di tempat yang lain mungkin telah melakukan penelitian yang data maupun kesimpulannya dapat digunakan sebagai dasar teori maupun dasar penimbangan keputusan. Data dan hasil eksperimen yang dikerjakan oleh saintis lain disebut jurnal. Biasanya diupload ke internet  dalam bentuk file pdf. Jurnal-jurnaltersebut diayomi olehsitu-situs tertentu yang memang mengkhususkandiri dalam hal keilmiahan. Wiley Online Library contohnya.

    kehadiran komunikasi network memang membantu dunia penelitian Biologi. Bayangkan betapa rumitnya jika harus melakukan serangkaian eksperimen hanya untuk mengetahui bukti ilmiah dari dasar teori eksperimen yang sedang di rencanakan.
      Teknologi memungkinkan komputer di seluruh dunia terhubung dan melakukan komunikasi lewat internet. Setiap komputer di dunia yang terkoneksi ke internet mempunyai alamat IP unik yang terdiri atas kombinasi angka dan karakter. IP tersebut berfungsi sebagai alamat komputer. IP-IP komputer disimpan oleh suatu alat yang disebut DNS (Domain Name System) sever yang bertugas mengenaliIP suatu komputer. Jika suatu komputer hendak mengirimkan paket, maka komputer akan mengirimkan paket ke router, suatu alat yang menransfer paket dari suatu jaringan ke jaringan lain. Terus begitu hingga paket sampai ke komputer yang dituju.

•Dalam komunikasi internet, dibutuhkan server. Server bertugas melayani permintaan klien (komputer kita) terhadap informasi atau data tertentu yang disimpan di databasenya. Beberapa jenisserver yang umum digunakan adalahe-mail servers—bertindak sebagai kantor pos lokal untuk host Internet tertentu, file servers—bertugas mendistribusikan program, file media, dan data lain dalam LAN daninternet, application servers—bertugas menyimpan aplikasi dan menyediakannya pada klien, dan web server—bertugas menyimpan halaman web dan mengirimnya jika diminta klien.



Previous
Next Post »
0 Komentar