BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pada
umumnya Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya menerima
Simpanan, Giro, Tabungan dan Deposito. Kemudian Bank dikenal juga sebagai
tempat untuk meminjam uang (kredit) bagi masyarakat yang membutuhkannya.
Disamping itu bank juga dikenal untuk menukar uang, atau menerima segala bentuk
pembayaran seperti pembayaran listrik, telepon, air, pajak, uang kuliah dan
sebagainya.Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah menghimpun
dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat serta
memberikan jasanya dalam lalulintas pembayaran dan peredaran uang. Dari
pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada tiga fungsi utama Bank
yaitu:Bank sebagai lembaga yang mungumpulkan dana dari masyarakat dalambentuk
simpanan.Bank sebagai lembaga yang menyalurkan dana ke masyarakat dalam
bentukkredit dan bentuk lainnyaBank sebagai lembaga yang memperlancar transaksi
perdagangan dan dan peradara uang.Penyusun mengambil tema makalah uang, bank
dan percetakan uang karena ini menarik untuk dipelajari khususnya di bidang
ekonomi yang tidak akan lepas dari istilah tersebut.
Berdasarkan
latar belakang di atas maka penulis ingin mengangkat sebuah judul
“SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PERBANKAN UNTUK
PEMBUATAN BUKU TABUNGAN”
PEMBUATAN BUKU TABUNGAN”
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas maka dapat dirumuskan malasahnya yaitu :
1.
Membuat
Sistem Informasi Manajemen Perbankanpada pembuatan buku tabungan ?
1.3
Batasan
Masalah
Adapun
batasan masalah sistem informasi manajemen perbankan sebagai berikut:
1.
Bagaiaman merencang sistem informasi
manajemen pembuatan buku tabungan
2.
Bahasa pemograman yang digunakan adalah
bahasa pemograman microsoft visual basic 6.0.
1.4
Tujuan
Masalah
Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah:
1.
lebih meningkatkan pelayanan perbankan.
2.
data-data yang ada dalam perbankan tersusun rapih sehingga memudahkan dalam
pencarian data – data nasabah dan lain-lain yang berhubungan dengan perbankan
tersebut.
1.5
Metode
Penelitian
Metode
yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif, yaitu mengolah data
yang diterima dari perusahaan, dianalisis berdasarkan teori dan diambil
kesimpulan.
1.6
Sistematika
Laporan
penulisan ini dibagi dalam lima pokok batasa yaitu :
BAB
I Pendahuluan
Pada
bab ini penulis menguraikan secara sisngkat pembahasan tentang latar
belakang,
rumusan masalah, batasan masalah, tujuan masalah, metode penelitian, dan
sistematika.
BAB
II Landasan Teori
Pada
bab ini penulis menguraikan teori- teori singkat mengenai definisi system,
definisi informasi, definisi Sistem Informasi Manajemen, definisi perbankan,
definisi Flowchart, dan definisi Database.
BAB
III
ANALISA
DAN PERANCANGAN SISTEM
A.
ANALISA
SISTEM PENDAFTARAN
Nasabah
datang pada bank, mengisi formulir untuk pembuatan buku tabungan, lalu
diberikan pada Custemer Service dan memberikan persyaratan yang dibutuhkan
untuk pembuatan buku tabungan baru.
a.
Struktur
Organisasi
![]() |
|||
![]() |


b.
Tugas,
Wewenang dan Tanggung jawab
·
Branch
Manager
ü Bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan.
ü Bertanggung jawab kepada pimpinan pusat.
ü Mempunyai wewenang tertinggi dalam pengambilan keputusan.
ü Mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan masing-masing
bagian yang ada dalam perusahaan.
ü Meng-acc form pendaftaran dan meng-acc buku tabungan
- Sekretaris
ü Membantu Branc Manager dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
ü Menangani masalah-masalah kesekretariatan, seperti
surat-menyurat, file, dan sebagainya.
- Teller
-
Meng-acc form pendaftaran
-
Menginput saldo rekening
-
Membuat laporan saldo rekening
- Custemer servis
ü Melayani custemer, memberikan informasi kepada custemer yang
di butuhkan.
ü Mengecek data
form pendaftaran nasabah baru
ü Menginput data
form rekening baru
ü Mencetak buku
tabungan setelah form di-acc
c.
Studi
Kelayakan
Studi kelayakan sangat diperlukan, khususnya bagi
para nasabah, admin selaku orang yang melayani sistem pendaftaran calon nasabah.
Seiring
berkembangnya teknologi informasi dijaman modern ini, banyak cara untuk memudahkan
pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien. Dengan kecanggihan teknologi informasi
ini, manusia dapat dengan mudah memanjakkan pekerjaanya menjadi lebih ringan. Dalam
dunia Perbankan misalnya, hampir semua bagian dari departemen Perbank
menggunakan system informasi manajemen, dalam hal ini bagian Customer service
dalam pembuatan rekening tabungan baru.
d.
Tahapan Analisa dan Perancangan Sistem
Informasi Manajemen
Didalam identitas
nasabah memiliki nama, alamat, no ktp, tempat tgl lahir, jenis kelamin, agama,
golongan darah, pekerjaan dan no telephone.
Didalam
pengembangan sistem informasi, ada beberapa tahap pengembangan system, yaitu :
a) Tahap perencanaan
Tujuan dari tahap ini adalah untuk menjawab pertanyaan dimana kita harus
membedakan masalah-masalah yang ada, kesempatan, dan tujuan yang memacu proyek
dan menentukan resiko untuk menyelesaikan proyek. Dan di tahap ini kita juga
harus menyimpulkan proyek tersebut layak dicari atau tidak. Tujuannya tidak
hanya untuk memecahkan permasalahan, tetapi juga untuk mengkategorikan.
b) Tahap analisa masalah
Tahap yang mempelajari sistem yang sudah ada dengan mengkoleksi
informasi factual dari sistem pengguna yang berhubungan dengan Pendaftaran rekening baru, dan problem yang didapat, sebab akibatnya. Dari semua informasi ini
mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari masalah-masalah sistem yang sudah
ada.
c) Tahap rancangan
Tahap selanjutnya rancangan, yaitu untuk menegaskan dan memprioritaskan
persyaratan Pendaftaran
rekening barau (Tabungan). Ini
disebut sebagai tahap rancangan. Rancangan merupakan permulaan bagi pemakai
untuk mengetahui apakah mereka membutuhkan atau meninggalkan sistem baru
tersebut ini merupakan tahap penting. Paling penting tujuannya adalah untuk
menspesifikasikan persyaratan tersebut tanpa mengekspresikan
alternatif-alternatif komputer dan teknologi.
d) Tahap Penerapan
Tahap ini adalah untuk mengubah pernyataan persyaratan Pendaftaran rekening baru (Tabungan) dari tahap perencanaan sampai tahap penerapan untuk pengembangan dengan
kata lain tahap ini ditujukan pada bagaimana teknologi akan diterapkan pada
sistem yang baru. Dalam sistem informasi tahap penerapan adalah pandangan yang
berbasis teknologi dari sistem data, proses, dan interface. Tahap penerapan
dapat berakibat banyak bentuk dimasukkan dalam dokumen tertulis atau bekerja
menghasilkan bentuk dasar komputer dengan sistem baru.
e)
Tahap Penggunaan
Tahap dimana untuk pemakai bisa menggunakan sistem untuk memenuhi kebutuhan, dan
mencapai tujuan yang telah diidentifikasi pada tahap perencanaan.
B.
ANALISA
KEBUTUHAN
C.
Kebutuhan
Data
Pendukung sistem yang baru harus memenuhi kebutuhan
baik dari segi input, proses, maupun outputnya. Dari segi input yaitu form
pendaftarani, inpu data, output data, saldo dan lain sebagainya yang dijadikan
dasar dalam desain input. Dari segi proses yaitu dari data-data,
catatan-catatan seperti struktur organization, job discription, manual prosedur
dan prosedur perndaftaran rekening baru custemer servis bagian yang dijadikan dasar untuk desain proses. Dan
dari segi output yaitu berupa laporan saldo dan buku tabungan yang digunakan
untuk dsain output.
Beberapa analisa kebutuhan yang diperlukan dalam pembuatan Sistem
Informasi Manajemen Pembuatan Buku Tabungan yaitu :
v
Kebutuhan Perangkat pendukung:
1.
.Hardware
Hardware (Perangkat Keras) yang dibutuhkan dalam Perancangan Sistem,
yaitu :
1)
Komputer
·
Prosessor AMD
·
Hardisk 500 GB
·
Memory 4 GB DDR3
·
VGA 32
·
Monitor14”
2)
Konektor RJ45 (untuk masing – masing komputer dibutuhkan 2 pcs
3)
Wifi
4)
Line Telepon
5)
Printer
2.
Software
Software (Perangkat Lunak) yang dibutuhkan dalam perancangan sistem, yaitu :
·
OS. Windosw 7
·
Microsoft Office 2007
·
Ms. Acces 2007
·
Microsoft Visual Basic 6.0
·
Hp Dekset 1000
3.
Brainware
Untuk keamanan data yang tetap terjaga maka hanya admin khusus yg
bertugas untuk mengaksesnya yaitu Custemer service :
·
Branch
Manager
Mempunyai hak akses pada pengecekan data nasabah, dan saldo
nasabah.
- Teller
Mempunyai hak akses pada penginputan saldo rekening.
- Custemer servis
ü Melayani custemer, memberikan informasi kepada custemer yang
di butuhkan.
ü Meng akses input buku tabungan baru
v
Perancangan Sistem
a.
Flowchart
Nasabah
![]() |
|||
![]() |
|||
b.
Database Sistem Informasi Manajemen Pendaftaran Rekening
1.
Tabel
1)
Tabel Nasabah
No.
|
Nama Field
|
Type Data
|
1
|
Nama
|
Text
|
2
|
No.Ktp
|
Number
|
3
|
JK
|
Text
|
4
|
Tempat Lahir
|
Text
|
5
|
Tanggal Lahir
|
Date/Time
|
6
|
Agama
|
Text
|
7
|
Alamat
|
Text
|
8
|
Kota
|
Text
|
9
|
No.Telp
|
Number
|
10
|
No.Rekening
|
Auto Number
|
11
|
PIN
|
Number
|
2)
Tabel Rekening
No.
|
Nama
Field
|
Type
Data
|
1
|
No. Rekening
|
Auto Number
|
2
|
PIN
|
Number
|
3
|
Nama
|
Text
|
3)
Tabel Admin
No.
|
Nama
Field
|
Type
Data
|
1
|
Nama
|
Text
|
2
|
Password
|
Number
|
2.
Kamus Data
Tabel Nasabah :
Tabel Rekening :
Tabel Admin :
3.
Entity Relationship Diagram (ERD)
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN DATABASE
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada sistem Database
yaitu sebagai berikut :

Banyak memanfaat yang dapat kira peroleh dengan menggunakan
basis data. Manfaat/kelebihan basis data diantaranya adalah :
1.
Kecepatan dan kemudahan (speed)
Dengan menggunakan basis data pengambilan informasi dapat
dilakukan dengan cepat dan mudah.
2.
Efesiensi ruang penyimpanan (space)
Dengan pemakain
bersama, kita tidak perlu menyediakan tempat penyimpanan diberbagai tempat,
tetapi cukup satu saja sehingga ini akan menghemat ruang penyimpanan data yang
dimilikioleh sebuah organisasi. Dengan teknik perancangan basis data yang
benar, kita akan menyederhanakan penyimpanan sehingga tidak semua data harus
disimpan.
3.
Keakuratan (Accuracy)
Penerapan
secara ketat aturan tipe data, domain data, keunikan data, hubungan antara
data, dan lain-lain, dapat menekan keakuratan dalam pemasukan/penyimpanan data.
4.
Ketersediaan
(availability)
Dengan basis data kitadapat
mem-backup data, memilah-milah data mana yang masihdiperlukandan data mana yang
perlukitasimpanketempat lain. Hal ini mengingat pertumbuhan transaksi suatu
organisasi dari waktu kewaktu membutuhkan media penyimpanan yang semakin besar.
5.
Keamanan (Security)
Kebanyakan DBMS
dilengkapi dengan fasilitas manajemen pengguna diberikan hak akses yang
berbeda-beda sesuai dengan pengguna dan posisinya. Basis data bisa diberikan
passwordnya untuk membatasi orang yang mengaksesnya.

1. Lebih Mahal
Sistem
basis data membutuhkan sumber daya yang tinggi, terlebih untuk melakukan
perawatan secara berkala.
2. Proses back up cukup memakan waktu.
Sistem
basis data mencakup banyak file, sehingga jika dilakukan back up akan
menghabiskan waktu.
3. Bila ada akses yang tidak benar, kerusakan
dapat terjadi.
Kesalahan
dalam mengakses bisa menyebabkan berbagai masalah, terutama oleh sembarang
pengguna.
4. Sistem lebih rumit, sehingga
memerlukan tenaga spesial.
Sistem
basis data sangat kompleks, tidak sembarang orang bisa menanganinya.
Terutama dengan berbagai macam resiko, sehingga hanya orang ahli yang hanya
bisa menanganinya.
a.
Perancangan
Tampilan (interface)
Perancangan
model untuk sisitem informasi pendaftaran rekening baru (Tabungan)
LOG IN ADMIN

INPUT
DATA PENDAFTARAN REKENING BARU (TABUNGAN)

CEK SALDO REKENING

BAB IV
IMPLEMENTASI
Pada tahapan
pengoperasikan program sistem informasi yang kami buat kami membaginya menjadi
3 prose yaitu ;
1. Proses
login dimana prose ini menghubanung kan nama admin dan password untuk dapat
masuk atau mengakses proses berikutnya (Penginputan data form pendaftaran buku
tabungan). Dan apabila nama admin dan password salah maka tidak dapat masuk
atau mengakses proses berikutnya (Penginputan data)
Login ini kami seting
dengan nama admin Ali dan Password 1234.
LOGIN
DENGAN ADMIN ALI DAN PASSWORD 1234 DAN TEKAN MASUK

Maka akan muncul pesan
bok “SELAMAT DATANG DI SISTEM PENDAFTARAN TABUNGAN”, dan tompol tekan OK.
Berarti Admin dan
Password yang di masukan benar, dan ketika tekan tombol ok. Maka akan melanjutkan ke proses berikutnya (proses
penginputan rekening tabungan).
LOGIN
SALAH ADMIN DAN PASSWORD.
![]() |
2.
Login dengan prosedure
inputan admin atau password yang salah maka akan muncul pesan bok “MAAF ADMIN
DAN PASSWORD YANG ANDA MASUKAN SALAH”. Dan tombol tekan ok.
Berarti admin dan
password yang di masukan salah, dan ketika tombol ok di tekan. maka tidak bisa
melanjutkan proses berikutnya. Dan Admin dan password akan kosong kembali.
2. Proses penginputan data nasabah /
pendaftar rekening baru. Dalam proses ini data semua harus terisi untuk dapat
terdaftar sebagai nasabah dan apabila ada salah satu tidak terisi maka tidak
akan bisa terdaftar sebagai nasabah. Dan di minta untuk melengkapi datanya. Dan
apabila data yang di masukan lengkap maka akan terdaftar dan secara otomatis
data akan masuk ke database.
DALAM INPUTAN DATA
SEMUA TERISI

Dalam proses ini kami
menggunakan tomobol enter untuk perpindahan kursor pengisian text dan kursor
bawah untuk pemilihan combo bok.
Apabila semua data
terisi dengan benar maka akan ada pesan box selamat anda terdaftar dan secara
otomatis data akan masuk ke database (Lihat cursor pada datagrid).
Dan ketika tombol ok
pada pesan box di tekan, maka text inputan akan kembali kosong, dan siap untuk
meninput data berikutnya.
SALAH SATU BOX INPUTAN TIDAK TERISI

Apabila dalam
peninputan data nasabah adan salah satu atau lebih, maka ketika di tekan tombol
daftar akan mucul pesan box “DATA BELUM LENGKAP, PASTIKAN SEMUA DATA TERISI”.
Dan data tidak akan tersimpan dalam data base. Dan ketika tombol ok pada pesan
box tertekan maka, semua inputan data akan kembali kosong, dan harus mengisinya
ulang kembali.
PENGECEKAN
SALDO REKENING

Dalam proses pengecekan
saldo ini kami mengguntakan inputan no rekenin untuk input, mencari dan
mengetahui saldo rekening nasabah, sesuai yang tersimpan pada data base.
BAB
V Kesimpulan Dan Saran
Sebagai
bab terakhir penulis akan menguraikan beberapa kesimpulan dari
uraian
bab-bab sebelumnya serta beberapa saran yang sekiranya bermanfaat.
1 Komentar
gambar nya tidak nampak,saya mau lihat flowchat
Balas