Sistem Informasi Persediaan Stok di Laborat Poly PT. POLYCHEM INDONESIA TBK KARAWANG (BAB I)



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
PT. Polychem Indonesia Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang textile untuk pembuatan benang dan kapas sintetis, untuk meningkatkan kinerja yang baik, perlu ditunjang dengan perangkat yang baik pula. Di laborat poly PT. Polychem Indonesia Tbk belum memiliki prosedur stok chemical yang baik, sistem di laborat poly PT. Polychem Indonesia Tbk masih menggunakan sistem manual dan ditulis dalam bindcard sehingga berbagai persoalan akhirnya bermunculan, seperti kesulitan mengontrol pengeluaran chemical dikarenakan informasi yang disajikan kurang teliti, kurang akurat dan tidak tepat waktu. Hal ini menyebabkan terjadinya masalah dalam pencatatan chemical, serta pencariaan data informasi stok yang sering membutuhkan waktu lama dikarenakan harus mencari dan mengecek secara manual bindcard chemical sehingga mengakibatkan laporan yang tidak menunjukan suatu pengelolaan data stok chemical.   
Untuk membenahi hal tersebut maka perlu dilakukan pengembangan dalam pengolahan data stok chemical secara manual menjadi komputerisasi. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk melakukan pengembangan tersebut dengan merancang suatu sistem dengan aplikasi Vb.Net agar dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada sistem yang berjalan dan dapat menunjang kegiatan pengolahan data stok chemical yang lebih efektif, akurat dan informasi yang dibutuhkan menjadi lebih mudah untuk di dapatkan.   
Stok chemical adalah suatu sistem persediaan chemical pada laborat poly PT. Polychem Indonesia Tbk untuk mengolah data masuk, data keluar dan untuk mengontrol stok chemical seperti : Larutan H2SO4, Larutan Methanol, Gas N2, dan peralatan chemical yang digunakan dalam proses membantu hasil analisa yang dilakukan di laborat poly PT. Polychem Indonesia Tbk seperti : Labu Elenmeyer, Gelas Ukur, Piala Gelas, Teskit, Kertas PH dan lain-lain.
Adapun permasalahan-permasalahan yang dihadapi  laborat poly PT. Polychem Indonesia Tbk seperti : Sering terjadinya kehabisan stok chemical pada saat dibutuhkan, data stok chemical tidak selalu update diakibatkan masih memakai sistem manual, sering terjadinya kesalahan dalam mencatat jumlah chemical masuk dan chemical yang keluar, dan lambatnya proses pengolahan, sehingga data dan informasi yang dihasilkan kurang akurat, serta membutuhkan waktu yang lama pada proses pelaporan data. Maka perlu dibangun sistem pendukung keputusan dengan memanfaatkan komputer yang dapat membantu dalam pengolahan data stok chemical, karena sistem yang dihasilkan dapat mengontrol stok chemical dan memberikan informasi secara cepat, tepat dan akurat.
                                  
1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi laborat poly PT. Polychem Indonesia Tbk terutama pada stok chemical, seperti :
1.        Bagaimana merancang sistem informasi stok chemical pada PT. Polychem Indonesia Tbk berbasis Vb.Net ?
2.        Kendala apa yang dihadapi pada sistem baru yang diusulkan ?
3.        Bagaimana kelayakan sistem baru yang diusulkan ?
1.3 Ruang Lingkup
Berdasarkan masalah di atas maka ruang lingkup dibatasi pada:
1.        Perancangan sistem stok chemical hanya untuk menginput dan mengontrol persediaan stok di laborat poly PT. POLYCHEM INDONESIA TBK KARAWANG
2.        Pembangunan sistem stok chemical yang dilakukan sebatas pada input data, dan mengontrol persediaan stok chemical, membuat laporan serta menyimpannya dalam database.
3.        Perancangan sistem informasi stok chemical menggunakan pemograman VB.  Net dan SQL Server 2005 sebagai databasenya.

1.4    Tujuan Dan Manfaat
Dalam penulisan laporan ini, penulis mempunyai beberapa tujuan dan manfaat.
1.4.1        Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian mengenai sistem informasi stok chemical ini sebagai berikut :
1.        Mengidentifikasi dan merancang sistem pengolahan stok chemical  yang dilakukan secara komputerisasi.
2.        Mengidentifikasi pada sistem yang berjalan mengenai pengelolaan stok chemical.
1.4.2        Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.        Mempermudah dalam mengolah persediaan stok chemical
2.        Mempermudah dalam pencarian data stok chemical
3.        Memberikan informasi secara cepat, tepat dan akurat
4.        Mempermudah dalam pembuatan laporan

1.5    Metedologi Penelitiaan
1.5.1  Pengumpulan Data
Pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut :
1.        Wawancara
Penulis melakukan wawancara dengan Bapak Juhana yang menjabat sebagai SC. Lab yang bertujuan untuk memudahkan penulis dalam mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan, yaitu dalam pengumpulan data, identifikasi masalah, pemecahan masalah dan untuk memudahkan dalam membuat atau menyusun laporan pengolahan data.
2.        Observasi
Metode ini dipakai untuk mendapatkan data yang dapat dilihat dan diamati secara langsung, mengenai Sistem Informasi stok chemical di laborat poly PT. Polychem Indonesia Tbk Karawang. Ada pun jenis stok chemical yang diteliti di laborat poly antara lain : Data Suplier, dan Bindcard keluar masuk chemical.
3.        Dokumentasi
Dokumentasi ini terdiri dari beberapa dokumen dan data yang terdiri dari:
a.              Purchase Request Sheet (PRS)
b.              Nota Material Barang (NMB)
c.              Laporan Stok Chemical

1.5.2        Metode Perancangan Data
Metode perancangan data yang digunakan adalah metode yang terstruktur dengan melalui tahapan sebagai berikut :
1.        DFD (Data Flow Diagram)
2.        Diagram Overview
3.        Kamus Data
4.        ERD (Entitas Relationship Diagram)
5.        Rancangan Database

1.6 Sistematika Penulisan
BAB I      :    PENDAHULUAN
Pada bab ini dibahas tentang latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian, serta sistematika penulisan.
BAB II    :    LANDASAN TEORI
Pada bab ini dibahas tentang teori-teori dasar/umum dan teori-teori khusus berhubungan dengan topic yang dibahas.
BAB III   :    IDENTIFIKASI SISTEM YANG BERJALAN
Pada bab ini dibahas tentang identifikasi organisasi, struktur organisasi, analisis permasalahan yang sedang berjalan, identifikasi permasalahan, rancangan solusi pemecahan masalah.
BAB IV   :    IMPLEMENTASI SISTEM
Pada bab ini dibahas tentang usulan prosedur yang baru, diagram aliran data, data sistem, perancangan proses, perancangan masukan, serta perancangan keluaran.
BAB V    :    KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini dibahas kesimpulan dari laporan yang dibuat serta saran untuk pengembangan program
Previous
Next Post »
0 Komentar